buah hatiku...masa depanku...inspirasiku...dan kebanggaanku...

buah hatiku...masa depanku...inspirasiku...dan kebanggaanku...
my three of angel's

Selamat Hari Pelanggan untuk BII

pagi ini…jam baru menunjukkan pukul 08.05 wita ketika saya memasuki gerbang kantor sebuah bank swasta yang baru beberapa bulan di buka di daerah saya. seperti biasa, senyum hangat sang security sambil membukakan pintu menyambut setiap nasabahnya setiap hari. belum lagi selesai saya mengisi form setoran, tiba-tiba saya dihampiri oleh seorang bapak (menurut saya sih pasti managernya) dan di dampingi beberapa keryawan sambil menyodorkan piring kecil berisi sepotong black forest dengan hiasan red cherry di atasnya sambil berkata dengan ramahnya : “selamat pagi ibu…selamat hari pelanggan…terimakasih telah menjadi mitra kami…karna hari ini adalah customer day BII dan ibu adalah pelanggan kami yang pertama hari ini, perkenankan kami memberikan sepotong kue ini untuk ibu…” dan secara bergantian semua karyawannya menyalami saya.
Alhamdulillah…masih pagi dan sudah mendapat sambutan yang luar biasa ramah. paling tidak, itu akan jadi resonansi di hati dan pikiran saya untuk memperbaiki mood saya sepanjang hari ini.
begitu sampai depan petugas teller, dengan ramah dia mempersilahkan saya duduk dan mencicipi black forest sambil menunggu proses pembayaran credit card saya diproses. tidak sampai setengah menit saya duduk, saya disuguhi lagi oleh seorang karyawannya dengan air mineral. belum cukup juga, sebelum pulang saya di kasi ole2 merchandise lucu.hhmm…lumayan buat hiasan mobil.
sebagai seorang PNS atau pelayan masyarakat, jujur saya merasa malu…kenapa ya pelayanan di pemerintahan masih tertinggal sangat jauh dengan pelayanan di perusahaan-perusahaan swasta. padahal tugas utama kami adalah melayani masyarakat dengan sepenuh hati. meskipun dalan keseharian tugas, kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik, meskipun belum sebaik seperti yang saya terima di bank BII pagi ini. tidak heran, jika dari sesi marketing, perusahaan swasta memiliki konsep yang lebih mapan dan siap untuk bersaing secara sehat. itu karena proses yang terapkan benar-benar diperhitungkan tidak hanya mengejar target kuantitas namun selalu mengedepankan kualitas. dan hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan-perusahaan swasta lebih menonjol sisi profesionalismenya.
sebenarnya hal ini tidaklah bertujuan untuk memberikan penilaian buruk terhadapi instansi pemerintah maupun aparatur pelaksananya. karena bagaimanapun, saya sebagai abdi/pelayanan masyarakat senantiasa memiliki keinginan besar untuk senantiasa memberikan pelayanan sesuai tupoksi saya. namun apalah daya, citra “buruk”  PNS sebagai pelayanan masyarakat masih setia melekat di instansi pemerintah, sebagai bentuk ungkapan “keprihatinan” atas kondisi pelayanan pemerintah hingga saat ini.dan pemerintahpun telah berkomitmen untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik meralui reformasi di segala aspek pemerintahan.
semoga hal yang sama di bank BII atau di perusahaan lainnya yang telah menerapkan public service excellent bisa diterapkan pula di instansi pemerintah. i hope so….:-)

Standar Operasional Prosedur

Pengertian SOP Suatu standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
SOP merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu.

Tujuan SOP
  1. Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja. 
  2. Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait. 
  3. Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya. 
  4. Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi dan inefisiensi Fungsi : Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja. 
  5. Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan. Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak. 
  6. Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja. Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin                                                                                                                           
Kapan SOP diperlukan 
SOP harus sudah ada sebelum suatu pekerjaan dilakukan SOP digunakan untuk menilai apakah pekerjaan tersebut sudah dilakukan dengan baik atau tidak Uji SOP sebelum dijalankan, lakukan revisi jika ada perubahan langkah kerja yang dapat mempengaruhi lingkungan kerja.

Keuntungan adanya SOP 
SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan
SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai. Dalam menjalankan operasional perusahaan , peran pegawai memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat signifikan.
Oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur sebagai acuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan